Jumat, 04 Mei 2012

Pertamina Olimart Makin Menggurita


Sekitar 2005 lalu, Pertamina Lubricants telah mengembangkan puluhan outlet pelumas untuk kendaraan roda empat yang dibranding dengan sebutan OLIMART. Bengkel ini berkembang dengan model kemitraan antara Pertamina dan masyarakat (terutama pemilik bengkel).

Keberadaan Olimart menjadikan produk Pertamina lebih dekat kepada konsumen, khususnya kemudahan dan kepastian mendapatkan produk berkualitas yang dijamin keasliannya. Standar pelayanan Olimart menerapkan slogan PINTER. Penjabarannya adalah Prima dalam memberikan hasil, Informatif dalam menjawab, Nyaman tempatnya (ber-AC), Teruji produknya, Ekonomis harganya dan Ramah dalam melayani.
Hingga kini ada 3 jenis Olimart. Pertama adalah Olimart Express, yang merupakan kemitraan dengan hipermarket seperti Carrefour dengan didirikan di area parkir hipermarket bersangkutan.  Kedua, Bright Olimart yang terdapat di SPBU-SPBU Pertamina. Dan ketiga adalah Olimart yang menjalin kemitraan dengan para pemilik bengkel.

Khusus yang menjalin kemitraan dengan masyarakat, persyaratannya sangatlah mudah dan ringan. Para pemilik bengkel cukup memiliki pelayanan tune-up atau cuci mobil. Jadi tak perlu harus memiliki kemampuan pelayanan servis berat. Persyaratan lainnya adalah lokasi bengkel berada di jalanan yang ramai, memiliki mekanik minimal 5 orang dan bangunan bengkel yang permanen.
Sebagai hubungan yang berdasarkan kemitraan, Pertamina senantiasa berusaha bisnis yang terjadi bisa saling menguntungkan antara kedua belah pihak. Oleh karena itu bengkel yang telah menjadi Olimart, Pertamina akan senantiasa menyuport dengan memberikan branding outdoor dan indoor sesuai standar Olimart, pelatihan mekanik, pemberian seragam (wearpack) untuk mekanik dan kasir.

Tak ketinggalan ada program promo berkelanjutan, komputerisasi (pelatihan software khusus yang terhubung dengan pusat) dan dukungan material promosi. Support material promosi ini bisa berupa tisu, spanduk, dan berbagai merchandise.
Demi meningkatkan daya saing dengan bengkel-bengkel pada umumnya, Pertamina senantiasa menggelar ajang Olimart Award. Semua outlet akan diikutkan dalam Olimart Award yang merupakan acara tahunan dengan hadiah berupa uang tunai dan peralatan bengkel.

Seiring dengan semakin tingginya persaingan bisnis pelumas otomotif, Pertamina masih memberikan keleluasaan kepada bengkel Olimart untuk menjual merek oli selain dari Pertamina. Syaratnya komposisi merek tersebut tidak boleh didisplai dan tak melebihi 20% dari stock merek Pertamina.
Hingga kini telah ada puluhan bengkel Olimart yang tersebar dari Sumatera hingga Papua. Bahkan telah tersedia di Australia, sebanyak 3 outlet. Targetnya pada 2013 nanti, akan ada Olimart di setiap kabupaten minimal 1 outlet, sehingga jumlahnya bisa mencapai 400 Olimart. Masih terbukanya peluang menjadi bengkel Olimart, tentu merupakan kesempatan emas. Bagi para pemilik bengkel yang berminat dan merasa bengkelnya telah memenuhi persyaratan menjadi Olimart, caranya cukup mudah. Cukup dengan menghubungi nomor telepon 500-000 (berlaku untuk seluruh area).